KECANTIKAN

KOTORAN SEPERTI KOMEDO DI KETIAK
Pori-pori ketiak menonjol, terasa berisi kotoran warna hitam dan sangat gatal, karena memakai deodoran untuk mengatasi masalah bau badan setiap hari. Apakah masalah ini ada kaitannya dengan deodoran atau tidak, dan bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan rasa gatal tersebut.

Bila kulit kita bereaksi lebih terhadap bahan zat tertentu yang orang lain tidak bermasalah, itu bisa disebut dengan alergi. Perlu kita ketahui pada daerah lipatan seperti bagian ketiak dan lipatan paha kulitnya lebih tipis dibandingkan daerah lain. Makanya kita harus sangat berhati-hati dengan segala penggunaan bahan kimia untuk kedua daerah tersebut.

Bisa jadi kulit kita sensitif karena bahan pewangi yang ada pada deodoran. Kasus seperti ini banyak sekali terjadi, atau ada bahan kandungan dalam deodoran yang menyumbat pori-pori, jadi timbul seperti komedo. Karena daerah itu juga banyak memproduksi keringat, apalagi jika kebersihannya tidak dijaga, bisa tumbuh jamur atau bercampur dengan bakteri. Makanya bisa jadi sangat gatal. Datanglah ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan diagnosa yang tepat atas masalah kulit anda.

Untuk sementara ini, coba gunakan deodoran yang tidak mengandung pewangi. Memang agak sulit, tetapi ada salah satu merek kosmetik halal yang menjual deodoran tanpa pewangi. Biasanya cocok untuk kulit sensitif. Untuk mengatasi rasa gatal boleh juga menggunakan bedak tabur antigatal yang mengandung mentol dan asam salisilat. Bedak seperti itu banyak dijual di pasaran.

Saya sarankan untuk mandi dengan menggunakan sabun bayi, karena lebih lembut dan bisa mengurangi iritasi juga agar daerah itu tetap kering dan bersih, gunakan bahan pakaian yang menyerap keringat seperti katun dan kaos katun yang longgar supaya kulit tetap bisa bernafas. Perawatan dari dalam untuk mengatasi masalah bau badan, bisa dengan nebgkonsumsi kunyit, daun beluntas atau air rebusan daun sirih dan daun pandan.

Orang yang memiliki masalah bau badan sebaiknya memakai deodoran atau antiperspiran di malam hari. Saat malam kita tidur, berkeringat, tetapi tidak bau. Bau bada itu muncul karena kativitas kelenjar apokrin yang ada diketiak, lekukan paha dan sekitar kemaluan bercampur dengan bakteri. Gunakan deodoran pada malam hari supaya ia bekerja menyumbat kelenjar keringat, tanpa menyebabkan bau badan.

0 Response to "KECANTIKAN"

Post a Comment