CARA MENYUSUI YANG BENAR


A.  Menyusui Yang Benar
Teknik Menyusui Yang Benar  adalah cara memberikan ASI kepada bayi dengan perlekatan dan posisi ibu dan bayi dengan benar.
B.  Langkah menyusui yang benar :    
1.    Sebelum menyusui, ASI dikeluarkan sedikit kemudian dioleskan pada puting susu dan aerola sekitarnya. Cara ini mempunyai manfaat sebagai desinfektan dan menjaga kelembaban puting susu
2.    Bayi diletakkan menghadap perut ibu/payudara.
3.    Payudara dipegang dengan ibu jari diatas dan jari lain menopang dibawah, jangan menekan puting susu atau aerolanya saja.
4.    Bayi diberi rangsangan untuk membuka mulut (rooting reflek) dengan cara : a. menyentuh pipi dengan puting susu atau, b.menyentuh sisi mulut bayi
5.    Setelah bayi membuka mulut,dengan cepat kepala bayi didekatkan ke payudara ibu dengan puting serta aerola dimasukkan ke mulut bayi : a. Usahakan sebagaian besar aerola dapat masuk kemulut bayi,  sehingga puting susu berada dibawah langit-langit dan lidah bayi akan menekan ASI keluar dari tempat penampungan ASI yang terletak dibawah aerola. b. Setelah bayi mulai menghisap, payudara tak perlu dipegang atau disangga lagi

C.  Persiapan Menyusui
1.    Cuci tangan terlebih dahulu
2.    Sebelum menyusui, ASI dikeluarkan sedikit kemudian dioleskan pada puting susu dan aerola sekitarnya
3.    Bayi diletakkan menghadap perut ibu, Payudara dipegang dengan ibu jari diatas dan jari lain menopang dibawah, Bayi diberi rangsangan untuk membuka mulut
4.    bayi didekatkan ke payudara ibu dengan puting serta aerola dimasukkan ke mulut bayi
 
D.  Cara pengamatan Tehnik menyusui Yang Benar:
Menyusui dengan tehnik yang tidak benar bisa menyebabkan puting susu menjadi lecet, ASI keluar tidak optimal sehingga mempengaruhi produksi ASI selanjutnya atau bayi enggan menyusu.Untuk mengetahui bayi telah menyusui dengan benar, perhatikan :
1.      Bayi tampak tenang
2.      Badan bayi menempel pada perut ibu,
3.      Mulut bayi terbuka lebar
4.      Dagu bayi menempel pada payudara ibu,
5.      Sebagaian besar aerola masuk kedalam mulut bayi
6.      Bayi nampak mengisap dngan kuat dengan irama perlahan,
7.      Puting susu ibu tidak terasa nyeri,
8.      Telinga dan lengan bayi terletak pada satu garis lurus,
9.       Kepala agak menengadah.

E.   Posisi Menyusui yang Benar
1.      Bayi tampak tenang,Bayi menempel pada perut ibu, sebagian besar aerola masuk,
2.      Bayi menghisap dengan kuat, puting susu tudak yerasa nyeri, telinga, lengan bayi terletak pada satu garis lurus, dan kepala agak menengadah.

F.   Lama dan frekwensi menyusui
1.        Sebaiknya bayi disusui secara sesuai keinginan bayi (on demand),karena bayi akan menentukan sendiri kebutuhannya,
2.        Bayi yang sehat dapat mengosongkan satu payudara sekitar 10 menit dan ASI dalam lambung akan kosong dalam 2 jam,
3.        Menyusui yang dijadwalkan akan berakibat kurang baik,karena isapan bayi sangat berpengaruh pada rangssangan produksi berikutnya,
4.        Menyusui malam hari juga akan memacu produksi ASI,
5.        Selama masa menyusui sebaiknya ibu menggunakan BH (kutang) yang dapat menyangga payudara,tetapi tidak terlalu ketat.
6.        Bayi di susui sesuai keinginannya
7.        Lama menyusui sekitar 10 menit pada tiap payudara
8.        Lambung bayi akan kosong setelah 2 jam
9.        Dengan menyusui secara teratur tanpa si jadwalkan akan mempengaruhi produksi ASI yang baik
10.     Selama menyusui sebaiknya ibu jangan menggunakan BH yang ketet.

G.  Melepas isapan bayi :
Setelah meyusui pada satu payudara sampai terasa kosong, sebaiknya mengganti denagn payudara yang lain. Cara melepas isapan bayi :
1.    Jari kelingking ibu dimasukkan kemulut bayi melalui sudut mulut atau,
2.    Dagu bayi ditekan kebawah.
a.    Setelah selesai menyusui, ASI dikeluarkan sedikit kemudian dioleskan pada puting susu dan aerola sekitarnya, biarkan kering dengan sendirinya.
b.    Menyendawakan bayi, dengan tujuan mengeluarkan udara dari lambung supaya bayi tidak muntah (gumoh) setelah menyusui. Dengan cara : Bayi digendong tegak dengan bersandar pada bahu ibu kemudian punggungnya ditepuk perlahan-lahan atau, Bayi tidur tengkurap dipangkuan ibu, kemudian punggungnya ditepuk perlahan-lahan.
c.    Setelah payudara ibu terasa kosong ganti dg payuda yg satunya, cara melapasnya dengan memasukkan jari kelingking bayi melalui sudut mulut bayi
d.   Dagu di tekan kebawah, terakhir setelah selesai menyusui bayi di sendawakan dg tujuan supaya untuk mengeluarkan udara yang ada di lambung supaya bayi tidak muntah (gumoh).

H.  Cara Pengambilan & penyimpanan ASI
1.    Bisa dengan menggunakan scop ASI
2.    ASI dapat disimpan dalam suhu ruang sampai 8 jam dan 2 kali 24 jam,
3.    Bahkan dalam frezer dapat bertahan sampai 6 bulan
4.    Wadah yang direndam kedalam air hangat (suhu lebih kurang lebih 50 derajat celcius).
5.    Hindari menggunakan air panas atau merebus agar berbagai jenis nutrisi, sel-sel hidup, maupun factor-faktor yang ada di ASI tidak rusak.
6.    Hindari penggunaan dot pada saat menyusi bayi, karena akan mempengaruhi pengeluaran ASI, dan jika menyusu menggunakan dot, bayi akan menyusu pada puting ibu saja ketika menyusu langsung di payudara ibu dg hisapan bayi yang kuat akan menyebabkan puting susu ibu menjadi lecet.
7.    Penggambilan ASI menggunakan Scop ASI
8.    Penyimpanan di dalam lemari es bisa bertahan lama
9.    Hindari penggunaan Dot saat menyusui, karena akan menyebabkan puting ibu menjadi lecet saat di susukan langsung ke payudara ibu.

I.     Breast_ Feeding Position
1.    The cross cradle hold. Satu lengan mendukung tubuh bayi dan yang lain mendukung kepala, mirip dengan posisi dudukan tetapi Anda akan memiliki kontrol lebih besar atas kepala bayi. Posisi menyusui ini bagus untuk bayi prematur atau ibu dengan puting payudara kecil.
2.    The football hold.. Ini adalah posisi terbaik untuk ibu yang melahirkan dengan operasi caesar atau untuk ibu-ibu dengan payudara besar. Tapi, Anda butuh bantal untuk menopang bayi.
3.    Saddle hold. Ini merupakan cara yang menyenangkan untuk menyusui dalam posisi duduk.

4.    The lying position. Menyusui dengan berbaring akan memberi Anda lebih banyak kesempatan untuk bersantai dan juga untuk tidur lebih banyak pada malam hari. 

0 Response to "CARA MENYUSUI YANG BENAR "

Post a Comment