TERAPI OBAT HALUSINASI


A. Pengertian Halusinasi

Halusinasi adalah salah satu gejala gangguan jiwa pada individu yang ditandai dengan perubahan sensori persepsi, merasakan sensasi palsu berupa suara, penglihatan, pengecapan, perabaan atau penghiduan. Pasien merasakan stimulus yang sebenarnya tidak ada (Keliat & Akemat, 2010).

Halusnasi disebabkan olehbanyak faktor, tetapi kemungkinan penyebab terjadinya halusinasi pada klien dengan masalah psikiatrik karena adanya stress psikologi atau kurangnya stimulus dari lingkungan. Stressor ini bisa berasal dari dirinya sendiri seperti klien berfikir negative atau menyalahkan dirinya sendiri, atau stress yang didapatkan dari luar yang bisa berasal dari hubungan yang tidak menyenangkan dengan keluarga, teman atau bahkan pewtugas kesehatan. Kurangnya stimulus lingkungan juga akan menjadi penyebab terjadinya halusinasi, dalam keadaan seperti ini, klien berada dalam kondisi dimana stimulus dari lingkungan sangat kurang sementara stimulus dalam diriinya sangat kuat, apabila hal ini terjadi dalam waktu yang lama maka klien akan mulai berhalusinasi (Nurjanah, 2008).

B. Macam Macam Obat Untuk Penderita Halusinasi
1. CPZ (Clorpromazine )
2. THP (Trihexiphenidyl)
3. HLP (Haloperidol )

C. Dosis
1. CPZ (Clorpromazine )
Dosis obat CPZ permulaan adalah 25 – 100 mg dan diikuti peningkatan dosis hingga mencapai 300 mg perhari.
2. HLP (Haloperidol )
Dosis oral obat HLP untuk dewasa 1 – 6 mg sehari yang terbagi menjadi 6 – 15 mg untuk keadaan berat. Dosis parenteral untuk dewasa 2 – 5 mg intramuskuler setiap 1 – 8 jam,tergantung kebutuhan.
3. THP (Trihexiphenidyl)

Dosis awal obat THP sebaiknya rendah (12,5 mg) diberikan tiap 2 minggu. Bila efek samping ringan, dosis ditingkatkan 25 mg dan interval pemberian diperpanjang 3–6 mg setiap kali suntikan, tergantung dari respon klien.

D. Cara Pemberian
1. CPZ (Clorpromazine )
3x sehari jam 7 pagi, jam 1 siang dan jam 7 malam
2. THP (Trihexiphenidyl)
3x sehari jam pagi, jam 1 siang dan jam 7 malam
3. HLD (Haloperidol )
3x sehari jam pagi, jam 1 siang dan jam 7 malam
E. Fungsi Obat
1. CPZ (Clorpromazine )
Obat CPZ gunanya untuk menghilangkan suara-suara yang selalu mengganggu pikiran pasien.
2. THP (Trihexiphenidyl)
Obat THP gunanya untuk merileksasikan pikiran dan otot agar tidak kaku.
3. HLP (Haloperidol )
Obat HLP gunanya untuk membuat pikiran menjadi tenang.
F. Efek Samping
1. CPZ (Clorpromazine )
Efek samping obat CPZ adalah sering terjadi misalnya lesu dan mengantuk, hipotensi orthostatik,mulut kering, hidung tersumbat, konstipasi, amenorrhae pada wanita
2. THP (Trihexiphenidyl)
Efek samping obat THP adalah mengantuk, kaku, tremor, lesu, letih,gelisah
3. HLP (Haloperidol )
Efek samping ekstrapiramidal : gejala fisik, termasuk tremor , bicara cadel, akatisia, distonia , kecemasan, kesedihan, paranoia.

0 Response to "TERAPI OBAT HALUSINASI"

Post a Comment